Langsung ke konten utama

Cara Mengamankan PC

Cara Mengamankan PC

laptop

Ini bahan cara mengamankan PC buat para pemula aje yang masih kurang tau tentang mengamankan komputernya dari tangan-tangan jail. Buat yang udah keren ilmunye, dilewatin aje kagak apa-apa. Tapi dengan syarat kirim-kirim kalo punya artikel keren ye?biar kite sama-sama pinter demi agama dan bangsa. Hehehe.

Macam-macam bahaya komputer

Sebenernya banyak sekali sumber kesalahan yang menyebabkan tidak amannya PC anda, Diantaranya adalah:

1. Human eror

2. Kerusakan pada hardware maupun software

3. Hacker

4. Virus

Pengamanan Data pada PC Anda

Ada beberapa tindakan mengamankan data-data pada PC anda. Terutama tindakan yangdisebut tindakan preventif. Berikut beberapa tindakan umum yang dapat dilakukan untuk mengamankan PC-nya:

1. Menggunakan password

2. Membatasi izin akses

3. Meningkatkan keamanan fisik Komputer maupun gedung

4. Menggunakan UPS

5. Pendekatan personal

6. Untuk jaringan, menyaring alamat IP

7. Mem-backup data

Aspek dasar keamanan computer

4 Aspek dasar keamanan computer adalah: Privacy, integrity, authentication, availability. Ni Deklarasinya :

Privacy

Kadang juga dikenal dengan sebutan aspek confidentiality, yang berarti sebuah tindakan yang dilakukan untuk menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses informasi tersebut.

Integrity

Nah Aspek integrity lebih menekankan bahwa, suatu informasi ga boleh dirubah tanpa izin dari pemilik informasi tersebut/sebuah informasi yang diterima harus diterima dengan informasi yang dikirim. Jika terdapat perbedaan, maka boleh dibilang aspek integrity tidak tercapai. Faham yo!

Authentication

Kalo yang ini lebih tertuju pada sebuah metode atau cara untuk menyatakan bahwa suatu informasi tersebut adalah asli. Contoh deh, pada saat mengakses internet maka server yang kita akses haruslah benar-benar server yang asli.

Acces control

Misalnya, klasifkasi data dan user. Dengan ini tiap user akan dibatasi sesuai dengan level fungsi. Misalnya,seorang administrator memiliki hak penuh terhadap sebuah computer, tapi hal ini tidak berlaku bagi guest maupun limited account lainnya.

NIH PENGAMANANNYA

Mengatur host account

Klik Start dan klik Run lalu ketik CONTROL USERPASSWORDS2 dan klik ok. Dalam kotak dialog klik user yang akan diganti lalu properties, lalu Group membership.

Membuat password windows

Klik Start dan control panel, klik dua kali user account,klik yang akan dipilih, create password.ikuti petunjuk.

Memperketaat keamanan windows XP menggunakan disket

Klik Start lalu Run, ketik Syskey dan enter. Pilih Encryption Enabled, klik update. Pilih System Generated Password. Dari dua pilihan yang ada,klik Store startup key locally. Jika sukses,klik OK.Sekarang masukan disket sebagai kunci untuk windows.Jika sudah siap,klik OK.Restart!

Membuat Password selalu berganti

Klik Start dan Run, ketiklah control user passwords2 ok,dalam kotak dialog User Account klik advanced. Perhatikan pada bagian Advanced user management klik kembali tombol advanced.. Dalam jendela Lokal user and groups yang muncul klik pilihan users yang ada pada panel kiri. Klik kanan pada account yang akan dirubah passwordnya secara berkala. Dalam kotak dialog, hilangkan tanda cek pada bagian Password never expires. Apabiala anda ingin melakukan pergantian ketika log on, beri tanda cek pada bagian User must change password at next logon. Ok.

Menonaktifkan Administrator : Langkahnya adalah Klik Start dan klik Control Panel. Klik Administrative Tools. Dalam jendela Admiinistrative Tools klik Local Security Policy.Drai jendela kerja Local Security Setting, pada panel kiri, masuklah pada bagian berikut: Security Setting, local Policies, Security Option.Sedangkan padapanel sebelah kanan,carilah account: Administrator account status,dan kilk dua kali pada bagian tersebut.pilih propertis, berilah pilihan pada bagian disabled lalu klik Ok.

Cara mengganti sistem file. Seperti,FAT, FAT 16, FAT 32 ke NTFS. Berikut langkahnya : Masuklah ke Command Prompt. Klik Start dan klik Run ketik cmd, Ok.Dalam jendela kerja CommandPrompt ketikkan kode berikut :

Convert c: /fs:ntfs/v

Ini jika drive yangakan anda konversi adalah drive C: menjadi NTFS. Untuk drive lainnya, anda dapat mengganti dengan jenis lainnya. Enter deh.kemudian anda akan ditanyakan nama untuk drive tersebut: isikanlah sesuai dengan nama yang anda gunakan sekarang. Restartlah!

Pengamanan via Register

Melarang perubahan Windows : HKEY_CURRENT_USER\Software\Michrosoft

\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer. Pada panel sebelah kanan, klik kanan pada bagian yang kosong dan pilih DWORD Value.Setelah itu ketiklah: NoChangeStartMenu (untuk melarang perubahan start menu.setelah selesai, klik dua kali pada value yang baru dibuat dan isi dengan angka 1 dan Ok.Kembali padajendela registry,klik kanan pada bagian yang kosong dan klik Binary Value, buat nama Binary Value tersebut menjadi NotSetTaskbar (untuk melarang perubahan pada setting taskbar). Lalu klik dua kali pada value NotSetTaskBar tersebut.dan isikan dengan: 01 00 00 00 dan klik Ok.

Menonaktifkan Account

HKEY_LOCAL_MESIN\SOFTWARE\Miochrosoft

\WindowsNT\CurrentVersion\Winlogon\SpecialAccount\UserList.Buatlah sebuah DWORD Value.berikan nama value tersebut sesuai dengan nama username yang akan disembunyikan Misalnya, untuk contoh ini, saya akan menyembunyikan account Udin.Terakhir klik dua kali padavalue tersebut untuk memasukkan data value.Data Value : 0 (menyembunyikan) atau 1 (untuk menmpilkan kembali).

Melarang akses control panel

HKEY_CURRENT_USER\Software\Michrosoft

\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.pada panel kanan, klik kanan padabagian yang kosong dan klik DWORD Value.Beri nama value tersebut: NoControlPanel.setelah selsai,klik dua kali padavalue NoControlPanel yang baru dibuat dan isikan dengan angka 1 dan klik Ok.

Menyembunyikan Menu Search

Caranya sama seperti diatas hanya nama value tersebut bernama NoFind,klik dua kali pada value tersebut Dan isi dengan angka 1dan Ok.

Melarang akses program HKEYCURRENTUSER\Software\Michrosoft

\Windows\Current\Version\Policies\Explorer.setelah memasuki key, dan membuat value diatas sekarang,buatlah sebuah subkey dengan nama DisallowRun dubawah key Explorer,sehingga menjadi :

HKEY_CURRENT_USER\Software\Michrosoft

\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun.cara membuat subkey adalah dengan klik kanan pada bagian yang kosong dipanel kanan maupun kiri,dan klik key.pada panel kanan,klik kanan pada bagaian yang kosng unyuk membuat beberapa String Value.Beri nama value tersebut:1, 2, 3, dan seterusnya, sejumlah program yang akan anda larang aksesnya.Setelah selesai klik dua kali padavalue yang baru sja anda buat tersebut, dan isikan dengan ”nama programnya” dan klik Ok.Misalnya,anda ingin melarang penggunaan Winamp maka data value-nya adalah: winamp.exe.nama file aplikasi iini dapat anda cari dalam Program Files.

Menonaktifkan fungsi ”Run As” HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft

\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.carilah key tersebut pada panel sebelah kiri.Setelah ditemukan key-nya,buatlah sebuah value yang bernama: HideRunAsVerb.masukan data tersebut,dengan klik dua kali pada value tersebut dan isi dengan angka 1.

Menyembunyikan Menu Run

HKEY_CURRENT_USER\Software\Michrosoft\

Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.Pada panel kanan,klik DWORD Value beri nama NoRun,isikan dengan angka 1.

Mengamankan Register Editor HKEY_CURRENT_USER\Software\Michrosoft\

Windows\CurrentVersion\Policies\System.jika tak ada key system,anda dapat membuat dengan cara klik kanan pada bagian kosong kanan dan klik key.lalu beri nama system.pada panel kanan klik kanan pada bagian kosong dan klik DWORD Value,beri nama value tsb DisableRegistryTools,dan isi dengan nilai 1.Ok.

Kapan-kapan disambung lagi ya friend! berikut cara mengamankan PC anda secara sederhana, jika anda sudah menguasai cara mengamankan komputer anda secara sederhana, makan secara advance suatu saat akan mampu. Hehe. Jangan lupa antivir&firewallnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memindahkan Hardisk yang Terinstall Windows ke CPU lain

Mungkin anda pernah mengalami hal semacam ini, saat ada baru mengganti motherboard atau menganti cpu anda, tapi anda tidak mau menginstall ulang windows XP anda, dengan mudahnya anda memindahkan hardisk anda dan memasangnya di cpu baru, ternyata ( taraaa……blue screen yang nampil langsung restart ) ya walaupun sesekali ada beberapa kasus bis a langsung berjalan tanpa perlu install ulang ( pengalaman penulis dari motherboard Xtream soket 478 denga chipset 945 ke Mobo asus P5KPL AM SE dengan chipset 945 juga, bisa lancar tanpa install ulang). Apabila tidak terjadi kendala bisa jadi ini dikarenakan kesamaan driver dari hardare yang ada seperti driver sound, vga ataupun lancard. Tetapi tidak menutup kemungkinan walaupun hardware sama semua akan bisa langsung dipindah ( pernah penulis coba pada cpu buildup Dell cpu sama hanya hardisk yang berbeda tapi tidak dapat berjalan tanpa install ulang ) Untuk memindahkan hardisk yang telah teristall windows XP ke CPU baru dengan motherboard berbeda, a

Mata Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak

Sumber Gambar: bluearray.net) 1-pengantar Rekayasa Perangkat Lunak 2-Model model proses perangkat lunak 3-Analisa kebutuhan sistem 4-Analisis Model 5-Analisa terstruktur RPL 6-Analisis dengan Kamus Data 7-ERD, Normalisasi dll 8-Kamus Data 9-Normalisasi Data 10-slide Pengantar Desain Struktural 11-diagram tabel keputusan 12-Analisa design berbasis objek 13-uml 14-Object-Oriented-Design 15-Tek Pengujian Perangkat Lunak white box black box tutorial rationalrose (ilmukomputer.com) Flowchart Normalisasi

Poster Hasil Penelitian

Poster hasil penelitian ku sudah selesai dan sudah di unggah ke simlitabmas dikti. Alhamdulillah penelitian skim dosen pemula kami (PDP) yang mendapatkan bantuan dana dari kemenristekdikti  beberapa hari lagi akan rampung. Kami (tim) peneliti yang terdiri dari dosen universitas indraprasta PGRI (UNINDRA) program studi Teknik Informatika mengusung tema "Pengaruh Sosial Media Facebook Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Teknik Informaatika di Universitas Se-Jakarta Selatan" Hari ini kami sudah mengunggah hasil laporan akhir melalui sistim SIMLITABMAS  yang sedikit lagi akan berubah menjadi Simlitabmas.ristekdikti.go.id . Poster hasil penelitian yang kami buat ala kadarnya, namun memenuhi esensi berdasarkan panduan yang diedarkan oleh ristekdikti. Ala kadarnya disini adalah sesuai dengan kemampuan kami saja tanpa meminta bantuan oleh orang lain diluar tim kami. Semoga poster hasil penelitian ini akan berguna bagi teman teman peneliti yang sedang mencari referensi (contoh)